hitshat

Kamis, 02 November 2017

Dibalik Kisah Sukses Bob Sadino dan 25 kata bijak Bob Sadino




Artikel yang akan saya bahas kali ini adalah tentang perjalanan hidup Om Bob Sadino

  1. Kisah sukses Bob Sadino
  2. Bisnis Om Bob Sadino yang pertama
  3. beberapa usaha Om Bob Sadino
  4. Kata-Kata Bob Sadino yang Menginspirasi
  5. Biografi Om Bob Sadino


1 . Kisah sukses Bob Sadino

Jika ingin sukses kita harus meniru orang –orang yang sudah sukses . Dan salah satu kisah orang sukses yang patut kita tiru adalah kesuksesan yang sudah di raih oleh Om Bob Sadino . Om Bob Sadino lahir dari keluarga seorang pendidik karna sang ayah merupakan Guru kepala di SMP dan SMA Tanungkarang . Pada saat sang ayah meninggal sang ayah mewariskan seluruh harta kekayaan kepada Om Bob Sadino karna saudara kandung yang lainnya di anggap sudah mapan.

Dengan harta kekayaan yang di warisi oleh orang tua, Om Bob Sadino kemudian tinggal di belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, dia bekerja di Djakarta Lylod, kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman . Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.Pada tahun 1967 Pak Bob Sadino beserta keluarga kembali ke Indonesia dan membawa dua buah mobil Mercedes buatan tahun 1960-an.

2 . Bisnis Om Bob Sadino yang pertama
Kemudian  Om Bob Sadino membeli sebidang tanah di daerah kemang yang ia beli dari hasil menjual salah satu mobil Mercedesnya itu.Tekad kuad untuk bisa bekerja mandiri yang membuat Om Bob Sadino pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaanya dan memulai bisnisnya.Bisnis pertama yang di geluti oleh Om Bob Sadino adalah menyewakan mobil Mercedes yang dia miliki, dia sendiri yang menjadi supirnya.
Bob Sadino pernah jadi tukang batu loh...

Ketika bisnis menyewakan mobil Mercedesnya berhenti karna mengalami kecelakan dan mobilnya rusak parah dan  Om Bob Sadino tidak punya uang untuk memperbaikinya . Untuk menafkahi keluarganya Om Bob Sadino beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp100. Dia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.
Walaupun dalam keadaan sulit seperti itu Om Bob tetap memegang prinsipnnya. Bahwa yang bertanggung jawab mencari nafkah untuk keluarga adalah kepala rumah tangga, ia tidak ingin istrinya bekerja. Walaupun sebenarnya, pengalaman istrinya sebagai sekretaris di luar negeri bisa membantu keuangan keluarga. Tapi Om Bob tetap tidak mau istrinya bekerja.
Bisnis pertama setelah Om Bob Sadino terpuruk adalah bisnis peternakan ayam
Suatu hari temannya menyarankan agar Om Bob Sadino memelihara ayam untuk melawan depresi yang di alaminya . Tak di sangka, beternak ayam yang awalnya hanya sekedar iseng, ternyata bisa memberikan jalan keluar dari  keterpurukan untuk Om Bob.Om Bob dan istrinya, setiap hari berhasil menjual  beberapa kilogram telur.
Lokasi tempat tinggal dan kemampuannya dalam berbahasa inggris menjadi paktor kesuksesan Om Bob bisnis ternak ayam . Tempat tinggal Om Bob yaitu di daerah kemang, memberikannya banyak keuntungan . Banyak sekali orang asing yang menjadi pelanggannya, karna seperti yang kita tau di daerah kemang banyak sekali warga asing yang menetap di sana alhasil hanya dalam waktu satu setengah tahun Om Bob dan istrinya sudah memiliki banyak pelanggan.
Walaupun banyak pelanggannya yang komplain bahkan sampai ada yang memakinya, tapi Om Bob tetap sabar dan terus memperbaiki pelayanannya.Om Bobpun merubah dirinya dari seorang pribadi feodal menjadi seorang pelayan.
Om Bob dari seorang peternak ayam sampai punya swalayan sendiri.bagaimana kisahnya?Baca artikelnya sampai habis.

Kelihayannya dalam melihat peluang, membuat usaha Swalayan yang di beri nama Kem Chicks semakin berkembang pesat. Bukan hanya itu ,Om Bob Sadino kembali melabarkan sayapnya dengan melirik bisnis di bidang Agribisnis,khususnya holtikultura ,mengelola kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia .

3 . Inilah beberapa usaha Om Bob Sadino


  •            Kem Food (Swalayan)
  •            pabrik pengolahan daging di Pulogadung
  •            warung shalik di Blok M, Kebayoran Baru

Catatan awal 1985 menunjukkan, rata-rata per bulan perusahaan Pak Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan dan 100 ton sayuran segar.
Dalam perjalanan karirnya sebagai pengusaha, Om Bob tidak pernah mencoba dalam bidang yang lain . Om Bob hanya focus bergerak dalam bidang makanan.Karna menurut Om Bob, bidang usaha yang beliu tekuni tidak akan ada habis-habisnya akan terus ada selama manusia membtuhkan makanan.Sisi lain yang patut kita contoh dari Om Bob Sadino adalah kesederhanan terutama dalam hal berpakaian.



Om Bob Sadino juga di kenal rendah hati baik kepada konsumennya maupun kepada para karyawannya . Om Bob menempatkan perusahaannya seperti keluarganya sendiri. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama dan semuanya memiliki fungsi serta kekuatan.
Om Bob percaya bahwa setiap langkah suksesnya pasti selalu di lalui kegagalan demi kegagalan.Berbeda dengan yang lain, Om Bob mendapatkan kesuksesannya berdasarkan pengalaman di lapangan.Ilmu bisnisnya ia dapatkan dari praktek langsung,dari kritikan orang.Kalo orang lain mencari ilmu dulu baru praktek kalo Om Bob praktek dulu baru dapat ilmu.
Karna menurut Om Bob banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.Om Dengan sikapnya yang legowo Om Bob  meraih simpati dari para pelanggannya dan mampu menciptakan pasar. Menurutnya, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu ia selalu berusaha melayani pelanggan sebaik mungkin.

4 . Kata-Kata Bob Sadino yang Menginspirasi
Om Bob sangat terkenal dengan kata ciri Khasnnya “Goblok” bahkan beliau sendiri mengatakan bahwa beliu adalah orang goblok yang berani melangkah, dibandingkan orang pintar yang kebanyakan berpikir namun tidak pernah melangkah.
Inilah 25 kata-kata bijak yang mungkin bisa menjadi insfirasi bagi kita semua:
1.  “Jangan mau kalau dengan yang berdasi. Mereka hanya pegawai. Berdaganglah jika mau menjadi bos”
2.   “Orang Goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. saat bisnisnya berkembang, orang goblok    mempekerjakan orang pintar.”
3.   “Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain.”

4.  “Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH!” MELANGKAH adalah kunci rahasia sukses dari Om Bob dalam membangun bisnisnya,daripada banyak berfikir lebih baik banyak melangkah

5.  “Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”

6.  “Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.”

7.  “Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa KERJA APA DI KERJAIN?”

8.  “Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”
“Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.”

9.   “Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja.”

10.  “Banyak orang bilang saya orang gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya.”

11.  “Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif.”

12.  “Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu ituimpossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.”

13.  “Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.”

14.  “Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri di atas kakinya sendiri.”

15.  “Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus.”

16.  “Melangkah tanpa perlu tujuan. Memiskinkan diri tetapi gagal miskin. Aku kerja nikmat, orang lain bilang kerja keras.”

17. ““Orang pintar berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa dicapai. Orang bodoh tidak peduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.”

18. “Orang pintar sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang bodoh tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.“

19. “Orang pintar sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Sedang kan bagi orang bodoh, yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan prioritas.”

20. “Seorang pintar sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan mencampuradukkan keuangan pribadi dan perusahaan.”

22. “Banyak orang bodoh yang banyak mengandalkan semangat dan kerja kerasplus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi kebanyakan orang pintar malas untuk bekerja keras dan sok cerdas.”

23. “Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.”

24. “Kegagalan adalah bumbu kehidupan. Kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia yang tangguh.”

25. “Kemauan harus dilandasai dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.”

5.Biografi Om Bob Sadino

Om Bob bernama asli Bambang Mustari sadino lahir di Tanjung karang, Lampung pada tanggal 9 Maret 1993 . Om Bob adalah anak bungsu dari lima bersaudara
Om Bob Sadino Tutup usia pada 19 Januari 2015,di Jakarta.

Pendidikan

Duduk di sekolah dasar di yogyakarta pada tahun 1994
Sekolah Menengah Pertama pada tahun 1950 di Jakarta
Sekolah menengah Atas pada tahun 1953 di Jakarta

Karier

Pak Bob mengawali kariernya sebagai karyawan Unilever setelah lulus SMA. Selama di Amsterdam dan Hamburg, ia bekerja di Djakarta Llyod sebagai karyawan dari tahun 1950-1967.
Sekarang Om Bob sadino sudah tiada tapi jasa dan ilmu –ilmu yang telah beliu berikan akan tetap di kenang oleh semua orang yang  mengagminya.Dan Mudah – mudahan akan ada Om Bob Sadino yang lainnya yang bisa menginspirasi bahwa orang Goblok juga bisa sukses karna kesuksesan bukan hanya milik orang pintar saja.
Pesan Om Bob Sadino “Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang











Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar