hitshat

Jumat, 29 Desember 2017

7 Tips Manajemen Stress dan 4 Akibat stress pada wanita




7 Tips Manajemen Stress dan 4 Akibat stress pada wanita




Wanita kadang lebih mudah terserang stress di bandingkan laki-laki . Seperti yang di katakan oleh Nancy Molitor Ph.D,seorang psikiater dari Northwestern University Feinberg School of Medicine “Wanita kerap memiliki beberapa tanda fisik apabila terkena stress” dan menurut penelitian terbaru stres dan emosi negatif lain berhubungan dengan buruknya kondisi fisik. Kondisi ini terjadi pada 15 ribu orang di 142 negara.

Stres juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan dan kesuburan terutama bagi ibu hamil tentunya akan berdampak pada bayi yang ada di dalam kandungan . Dr Markus Rantala, Ph.D dari University of Turku di Finlandia menyebutkan, sistem daya tahan tubuh memiliki pengaruh erat terhadap penampilan seseorang dan stres adalah salah satunya.

Jika kita ingin menghindari stress, tentunya kita harus tau apa penyebab stress itu dan apa yang bisa membuat kita stres . Dalam buku The Stresses Sex: Uncovering the Truth about Men, Women, and Mental Health, Jason Freeman, menyebutkan kaum wanita beresiko 40 persen lebih besar untuk mengalami gangguan psikologi di banding pria .



Apa itu Stres?

Berdasarkan situs WIKIPEDIA  Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Untuk kaum wanita , stress bisa di akibatkan dari berbagai macam mulai dari masalah pekerjaan,mengurus anak dan lain sebagainya . Stres yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius . Oleh karna itu, di perlukan Manajemen Stres untuk menghindari stress yang berkepanjangan .

TIPS ATASI STRESS DENGAN MANAJEMEN STRESS

Seperti yang dikutip dari helpguide.org terdapat tujuh hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress. Berikut ini penjelasannya

TIPS 1: IDENTIFIKASI KEBIASAAN DAN PERILAKU YANG MENYEBABKAN STRES
Sangat mudah untuk mengidentifikasi sumber stress setelah hal besar dalam hidup kita seperti berganti pekerjaan, pindah rumah, atau kehilangan orang yang dicintai. Tapi, menentukan dengan tepat sumber stress sehari-hari dapat menjadi lebih rumit.

Untuk mengidentifikasi sumber sejati stres yang kita alami, kita perlu memperhatikan secara dekat kebiasaan, sikap, dan alasan penyebab stress. Salah satu caranya adalah dengan menulis jurnal setiap kali kita mengalami stress.

Nah yang perlu ditulis dalam jurnal ini, Pertama adalah apa kira-kira penyebab kita mengalami stress. Kedua apa yang kita rasakan saat stress entah itu secara fisik maupun mental. Ketiga bagaimana kita merespon ‘alarm’ tersebut. Keempat adalah apa yang kita lakukan agar bisa merasa lebih baikan.
Dengan menulis hal tersebut kita bisa dengan mudah mengenali dan mengatasi keadaan stress yang kita alami saat itu.

TIPS 2: GANTI KEBIASAAN ATASI STRESS YANG TIDAK SEHAT
Setelah menulis jurnal kita menjadi tahu apa yang biasa kita lakukan setiap menghadapi stress agar merasa lebih baik. Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara yang menambah masalah. Cara tersebut memang dapat mengurangi stres untuk sementara, tetapi mereka menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.
Contoh kebiasaan mengatasi stress yang tidak sehat adalah

  • Merokok 
  •  Menggunakan pil atau obat-obatan agar ‘fly’
  • Minum-minuman’ terlalu banyak
  • Tidur terlalu banyak
  • Banyak memakan junk food
  • Menunda-nunda pekerjaan
  • Terlalu lama melihat layar smartphone
  •  Berlari dari masalah masalah
  •  Menarik diri dari teman-teman, keluarga, dan kegiatan
  • Mengambil stres Anda pada orang lain

Kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dirubah menjadi hal yang lebih sehat baik terhadap fisik maupun mental. Tidak ada cara yang sama untuk mengatasi stress setiap orang. Fokus pada hal sehat apa yang membuat kita merasa tenang dan terkendali bisa menjadi pilihan yang baik.

TIP 3: TERUS BERGERAK
Tidak bisa dipungkiri lagi berolahraga tidak hanya menyehatkan badan tapi juga menyehatkan pikiran. Cukup berolahraga ringan seperti jogging, senam lantai dan lainnya selam 30 menit pikiran kita bisa menjadi lebih tenang. Cara yang sehat dan menyenangkan apalagi ditambah mendengarkan musik relaksasi.

TIP 4: BERSOSIALISASI DENGAN ORANG LAIN
Keterlibatan sosial adalah cara tercepat dan paling efisien untuk mengendalikan stres. Saat kita berinteraksi dengan orang lain otak akan melepaskan hormon yang dapat menenangkan pikiran dan menurunkan kadar stress yang dirasakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membantu orang lain.

TIP 5: MENERAPKAN 4A (AVOID, ALTER, ADAPT, ACCEPT)
Beberapa penyebab stress bisa kita prediksi seperti saat bekerja, dikejar deadline dan lainnya. Saat menghadapi stress yang seperti ini kita bisa melakukan 4A yaitu Avoid (menghindar), Alter (mengubah), Adapt (Menyesuaikan), dan Accept (Menerima).

  • Avoid unnecessary stress : Menghindari penyebab stres yang bisa dihindari
  • Alter the situation :  Mengubah respon terhadap penyebab stress
  • Adapt to the stressor : Beradaptasi dengan penyebab stress
  •  Accept the things you can’t change : Menerima hal yang tidak bisa dirubah

§   
TIP 6: MENYEDIAKAN WAKTU UNTUK BERSANTAI
Sama seperti olahraga dengan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang kita bisa mengalihkan stress yang kita rasakan. Selain bersenang senang dengan menyediakan waktu senggang kita bisa melakukan berbagai hal yang berbeda dari kebiasaan sehingga lebih merasa santai  dan tenang.

TIP 7: GAYA HIDUP SEHAT
Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memulai gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, serta mengurangi gula dan kafein. Dengan begitu hidup kita akan terasa lebih tenang dari biasanya.

Dengan melakukan manajemen stres di atas di harapkan kita semua terutama kaum wanita bisa lebih cepat dalam mengobati stres dalam diri kita . Manajemen Stres berguna untuk mengembalikan suasana hati kita agar hidup kita menjadi lebih tenang .


Ini akibat yang di timbulkan pada wanita yang sering mengalami Stres


  • stres dapat membuat wanita hilang kecantikannya hingga berkurang kesuburannya
  •  wanita yang memiliki kadar stres rendah terlihat lebih menarik ketimbang wanita yang mengalami stres berkepanjangan
  • Stres bisa menyebabkan wanita kesulitan mendapatkan jodoh
  •  Stres pada wanita hamil bisa mengakibatkan ke guguran
  • Dll

Stres merupakan masalah kesehatan yang dianggap sudah umum oleh masyarakat, namun besar dampak negatifnya terhadap kehidupan Anda . Menurut para ahli kesehatan , tekanan stres ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatan yang dimiliki manusia . maka dari itu, Anda harus sesegera mungkin untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi masalah stres yang Anda alami.

Banyak artikel menarik lainnya hanya di newsbis23

Share the knowledge!


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar