hitshat

Minggu, 09 April 2017

menstrual cup alternatif baru pembalut wanita,dan cara pemakaiannya



7 kelebihan meakai menstrual cup di bandingkan pembalut biasa




Newsbis23.Menstrual cup  merupakan terobosan baru di dunia kesehatan.Menstrual cup di klaim lebih praktis di badingkan kalo menggunakan pembalut.Berdasarkan hasil penelitian Yayasan lembaga Kosmen Indonesia(YLKI),pembalut yang selama ini digunakan oleh banyak wanita yang sedang haid teryata banyak mengadung zat kimia klorin yang bisa mengancam tubuh mereka.

Kenapa para leadis harus mencoba Menstrual Cup?


Oh ya Guys,kalian sudah tau Menstual cup tidak ?atau kamu sudah memakainya,Mensrtrual cup memang belum pamilier di Indonesia di badingkan dengan pembalut atau Tampon yang sudah lama beredar di pasaran.

7 kelebihan meakai menstrual cup di bandingkan pembalut biasa

Tapi ada kelebihan lain jika kamu memakai Menstrual cup di badingkan jika kamu memakai pembalut atau Tampon.Apa saja kelebihannya?

Menstrual cup lebih Higienis di bandingkan Tampon

Menstrual cup bisa di pakai beberapa kali beda dengan pembalut yang satu kali pakai.Menurut para ahli, agar higienis saat di pakai sebaiknya Menstrual cup di buang isinya dan di cuci dengan menggunakan sabun yang bebas minyak setiap 12 jam atau hanya membersihkannya dengan air minum kemudian dilap dengan tisu.

Setelah menstruasi selesai Menstrual cup sebaiknya di cuci dengan bersih kemudian di rebus dengan air mendidih selama 5  sampai 10 menit.Jika di rawat dengan benar Menstrual cup akan jauh lebih Higienis di bandingkan memakai Tampon.

Mudah di bawa

Dengan ukurannya yang kecil dan beratnya yang ringan ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang sering berpergian.Menstrual cup juga bisa di lipat dan di sembunyikan dalam tas.

Ramah lingkungan dan murah

Harga Menstrual cup yang hanya Rp.300.000 ini bisa menghemat pengeluaran Anda. Memang ,keliatannya mahal tapi coba Anda perhitungkan jika Anda memakai pembalut biasa yang hanya satu kali pakai, perlu Anda ketahui Menstrual Cup bisa di pakai berkali-kali jadi sangat menghemat pengeluaran kamu.

Pakar kesehatan Jen Gunter, M.D, dari Kaiser Permanente San Fransisco menyebutkan bahwa menstrual cup ternyata bisa digunakan hingga tiga sampai empat tahun.Alasan para pakar kesehatan menciptakan Menstrual cup adalah untuk mengurangi sampah pembalut yang jumlahnya berton-ton stiap tahunnya dengan adanya Mnestrual cup di harapkan bisa mengurangi sampah akibat pembalut.

Mudah di gunakan

Menstrual cup ternyata terbagi menjadi dua ukuran, yakni untuk wanita dengan usia di bawah 30 tahun atau belum pernah hamil, dan untuk wanita berusia lebih dari 30 tahun. Menstrual cup ini sangat elastis sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh siapapun.
Dan cara pemakainnyapun sangat praktis Kamu cukup memasukannya kederah intim dan pastikan jangan sampai isinya tumpah.

Lebih aman ketika di pakai

Tahukah kamu, pembalut yang kamu pakai selama ini tidak sehat untuk oragan intim ?.Karna pembalut mengandung lateks atau bahan kimia yang berpotensi mengandung Dioxsin dan TSS.Dengan memakai Menstrual Cup daerah kewanitaan kamu lebih aman dan lebih sehat di bandingkan jika kamu memakai pembalut dan mengurangi resiko terkena Dioxsin dan organ intim kamu juga terbebas dari lecet dan bakteri.

Menampung lebih banyak dan tidak mudah bocor

Apa ketakutan seorang wanita ketika sedang datang bulan?.Ketika di tempat umum, banyak para wanita yang sedang datang bulan sangat mengkhawatirkan darah mensnya bocor dan menempel di celana,oleh karna itu banyak wanita terutama yang masih baru mengalami menstruasi sering memeriksa apakah darah mensnya menempel di celana atau tidak.

Nah,oleh karna itu Manstrual Cup hadir untuk menjawab semua kekhawatiran para wanita yang punya banyak keluhan ketika sedang datang bulan.Menstrual Cup bisa menampung lima kali darah head di bandingkan pembalut, bahkan hingga 28 gram dan tidak mudah bocor.

Hemat

Perbedaan terbesar dari pembalut dan menstrual Cup adalah dari segi pemakaiannya,jika pembalut hanya untuk sekali pakai, Menstrual Cup justru daya pakainya jauh lebih lama artinya kamu hanya perlu satu kali membeli dan bisa di pakai berkali-kali.

Tampon hanya bisa di gunakan 8 jam saja sedangkan Mnestrual Cup bisa 12 jam setelah itu kamu bersihkan dengan menguras isinya sampai benar-benar bersih.


Bagaimana, kamu sudah pikirkan mau pakai pebalut biasa atau beralih menggunakan Menstrual Cup yang lebih aman, higienis dan lebih hemat.

Tahukah kamu setiap Tahunnya 100 miliar sampah  di buang dari prodak menstruasi dan tentunya itu tidak baik untuk kebersihan lingkungan apalagi darah menstruasi yang menempel di pembalut mengandung banyak bakteri.Jadi kalo kamu memakai Menstrual Cup tidak ada lagi kemasan pembungkus,kotak pebungkus,aplikator dll yang terbuang di tempat sampah.

Mari berkalkulasi kenapa kamu harus memakai Menstrual Cup dan apa dampaknya.Menurut data yang kami ambil dari MenstrualCup.com Siklus menstruasi adalah 28 hari jadi sekitar 65 hari per tahun yang berarti hampir lebih dari 2 bulan. Seorang wanita perlu mengganti tampon atau pembalutnya rata-rata 5 kali sehari untuk menghindari TSS (Toxic Shock Syndrom) dan kebocoran.

Maka, 5 x 65 = 325 sampah tampon/pembalut sekali pakai dibuang oleh perempuan per tahun.

Seorang wanita menstruasi selama kurang lebih 43 tahun dalam hidupnya )rata-rata dari usia 12 sampai 55 tahun).

Rentang hidup seorang wanita menurut PBB adalah 69,5 tahun, jadi katakanlah 70 tahun.

Wanita yang menstruasi memiliki sekitar 61% dari populasi wanita di seluruh dunia. Apabila ada jumlah yang sama antara pria dan wanita, ada 30,5% yang perempuan mengalami siklus menstruasi di seluruh dunia.

Pada tanggal 23 April 2010, populasi manusia secara resmi mencapai 6,8165 miliar dan masih terus berkembang…Jadi kita sepakat bahwa ada sekitar 2 079 032 500 perempuan yang mengalami menstruasi di dunia.

Jika setiap wanita menggunakan tampon/pembalut sekali pakai (325 per tahun), maka akan mencapai angka sebanyak 675 685 562 500 produk tampon/pembalut sekali pakai yang dibuang di dunia setiap tahun.

Tidak semua perempuan di dunia punya akses untuk mendapatkan produk tampon/pembalut sekali pakai terutama pada negara yang belum berkembang, sehingga perempuan disana lebih banyak menggunakan 
pakaian yang dicuci kembali.
Jadi mari kita memberikan estimasi paling optimis dengan mengatakan hanya 15% wanita yang mengalami menstruasi menggunakan produk sekali pakai. Hal tersebut masih berakhir dari jumlah yang menyedihkan yaitu 101,354,834,375 (lebih dari 100 miliar) produk menstuasi sekali pakai yang terbuang di dunia dalam 1 tahun!!!!

Jadi mari kita memberikan estimasi paling optimis dengan mengatakan hanya 15% wanita yang mengalami menstruasi menggunakan produk sekali pakai. Hal tersebut masih berakhir dari jumlah yang menyedihkan yaitu 101,354,834,375 (lebih dari 100 miliar) produk menstuasi sekali pakai yang terbuang di dunia dalam 1 tahun!!!!

Agar lebih aman dan tidak salah dalam menggunakanya berikut petunjuk pemakaian yang benar,oh ya pemakaian yang salah bisa mengakibatkan nyeri pada are organ kewanitaan kamu.Makanya simak baik-baik jangan sampai salah.


petunjuk menggunakan menstrual cup yang benar


  • Step 1: Cuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih. Untuk pemakaian pertama kali, Anda dapat melumasi tangan dengan air atau lubricant vaginal (water based).
  • Step 2: Tekan kedua sisi cup hingga pipih, membentuk huruf U.
  • Step 3: Setelah menstrual cup Anda pipih, lipat lagi menjadi 2 bagian hingga membentuk huruf C. Tahan lipatan tersebut dengan posisi lipatan besar di bagian atas.
  • Step 4: Masukkan dengan posisi nyaman dan rileks. Buka lembut labia Anda dengan menggunakan tangan yang tak memegang cup. Tak perlu memasukkan terlalu dalam. Carilah posisi yang nyaman.
  • Step 5: Dengan kedua jari, genggam dasar cup (bukan bagian tangkai), lalu putar cup dengan satu putaran penuh pada satu sisi. Ini berguna untuk membuka lipatan cup agar dapat menampung darah.
  • Step 6: Untuk mengeluarkannya, raih tangkai dan cubit dasar cup, kemudian tarik hingga turun dan keluar dari Ms. V. Anda dapat sedikit menggerakkan otot Ms. V—seperti ingin buang air kecil—untuk mendorong cup dari dalam.
  • Step 7: Buang darah menstruasi dan cuci cup hingga bersih dengan menggunakan air sebelum kembali memasukkannya ke dalam Ms. V. Cuci kembali tangan Anda.

Notes:
Anda perlu membuang darah dan mencuci menstrual cup secara rutin, yaitu setiap 4–12 jam sekali—bergantung pada volume darah menstruasi. Saat periode menstruasi sudah selesai, cucilah menstrual cup dengan menggunakan air mendidih dan tempatkan di tempatnya yang juga sudah dibersihkan agar steril.
(Shilla Dipo,Glitzmedia, Images: Berbagai Sumber)




Kesimpulannya, dengan memakai Menstrual Cup itu artinya kamu sudah mengurangi biaya dalam membali prodak pembalut,membuat organ intim kamu lebih sehat dan tentunya kamu bisa mengurangi volume sampah yang di hasilkan dari prodak pembalut.Menstrual Cup juga bisa mengurangi nyeri pada saat haid,mengurangi gatal-gatal pada miss v.dan mengurangi kram pada saat Mens.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar