hitshat

Senin, 11 September 2017

6 cara hebat mendapatkan rasa percaya diri dan Tips menghilangkan rasa malu










Selalu tampil percaya diri adalah modal yang sangat berharga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.Orang yang memiliki rasa percaya diri, biasanya lebih di sukai oleh orang-orang baik di lingkungan kerja maupun dalam pergaulan sehari-hari.Berbeda dengan mereka yang kurang percaya diri mereka biasanya sulit dalam bergaul yang pada akhirnya mereka juga sulit untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Orang yang tidak percaya diri, bisanya mereka memiliki masalah mental yang sulit untuk mereka hindari.Seperti masalah-masalah di bawah ini:


  •  Orang yang tidak bicara diri pada saat berbicara dia akan takut berbicara,grogi dan gemetar pada saat berbicara
  • Orang yang tidak percaya diri mereka biasanya selalu berfikir negative.Pada saat mengerjakan sesuatu mereka cenderung takut gagal,pesimistis dan merasa orang lain lebih hebat dari dirinya
  • Orang yang tidak percaya diri selalu merasa cemas dan gelisah ketika berada dalam situasi yang membuatnya tidak nyaman,seperti ketika berbicara di depan banyak orang,berbicara di depan lawan jenis dan lain-lain.


Terlalu percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki akan berdampak negatif pula terhadap diri Anda, maka dari itu, Anda harus mampu untuk menyeimbangkan antara kepercayaan diri Anda dengan kemampuan atau keahlian yang Anda kuasai, serta jangan lupa untuk selalu menambah wawasan yang baru atau ilmu yang baru untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk memunculkan rasa percaya diri dalam diri Anda adalah dengan cara menambah pengetahuan dan wawasan dalam diri Anda.Percaya atau tidak ,ketika Anda merasa bisa mengimbangi lawan bicara Anda, dengan pengetahuan yang Anda miliki maka sedikit demi sedikit rasa percaya diri dalam diri Anda akan muncul.
Begitu juga ketika Anda memberanikan diri untuk berbicara di depan umum, ketika apa yang Anda lakukan sukses maka rasa percaya diri Anda akan muncul . Dan tentunya, akan mendorong Anda untuk melakukan aktivitas yang lain yang selama ini Anda anggap menakutkan.Memang semua itu tidak mudah,tapi jika Anda memberanikan diri untuk melakukan sesuatu yang selama ini tidak barani Anda kerjakan, maka selanjutnya rasa percaya diri Anda akan muncul dengan sendirinya.

Banyak orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sehingga mereka merasa tenang dan terlihat rileks saat beraktivitas atau menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Berikut Ciri-ciri dari seseorang yang memiliki tingkat percaya diri dengan baik seperti yang di kutif dari Terapiotak.com:

1.    Percaya akan kompetensi dan kemampuan diri sendiri
2.    Selalu berusaha untuk mencapai tujuan yang Dia inginkan
3.    Berani menerima dan menghadapi penolakan orang
4.    Mempunyai pengendalian diri yang baik dan emosinya stabil.
5.    Memandang keberhasilan itu sebagai jalan untuk meraih keberhasilan lain
6.    Memandang kegagalan sebagai awal dari keberhasilannya
7.    Mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain
8.    Tidak merasa bosan dengan apa yang Dia lakukan
9.    Berani untuk mengawali dan berinovasi
10.Berani berbicara, berpendapat, dan dikritik




Lalu apa manfaat orang yang memiliki rasa percaya diri ?

Seperti yang di kutif dari  Huffington Post    dan liputan 6.com   rasa percaya diri bisa mendatangkan manfaat untuk hidup kita terutama dalam melakukan atifitas sehari-hari.Lalu manfaat apa saja yang bisa kita perolah dari rasa percaya diri?.Yu kita simak baik-baik artikel di bawah ini:

1.Mereka lebih produktif

Penelitian menunjukkan bahwa orang percaya diri kemungkinan lebih produktif karena pikiran ‘bisa’ dalam diri mereka mengilhami tindakan nyata. Tidak heran kalau orang yang percaya diri tampak seperti yang memiliki kantor.

2. Bahasa tubuh mereka membantu meningkatkan rasa percaya diri

Penelitian menunjukkan bahwa cara seseorang membawa dirinya mempengaruhi bagaimana ia merasakannya di dalam. Postur tegak dan pelenturan dapat membantu orang merasakan letupan daya. Orang percaya diri memanfaatkan penyesuaian-penyesuaian remeh seperti itu.

3 Mereka tidak selalu meyakinkan diri

Semua orang memiliki kekurangan. Perbedaannya terletak kepada pengenalan akan ketidakamanan namun tetap melanjutkan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri merupakan puncak bagi hidup yang lebih berbahagia, tapi sayangnya jarang dilatih untuk menjadi kebiasaan oleh banyak orang. Orang percaya diri bukanlah manusia super, mereka sekedar menerima ketidaksempurnaan mereka sepenuh hati dan tetap hidup dengan berbahagia.

4. Mereka aktif meraih sukses

“Tidak” bukanlah kosa kata seorang yang percaya diri, setidaknya terkait dengan urusan kesuksesan. Rasa percaya diri penting dalam menapaki karir, demikian menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Basic and Applied Social Psychology. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin seseorang mampu menggambarkan dirinya meraih cita-cita, semakin besar kemungkinan mereka meraihnya.

5. Mereka menyalurkan selebritas dalam diri

Ada kekuatan dalam selebritas. Penelitian dalam jurnal Personal Relationships mendapati bahwa ketika orang menuliskan kualitas mereka yang juga merupakan kualitas pesohor kegemaran mereka, orang itu merasa lebih tertantang untuk menjadi diri terbaiknya.

6. Mereka tegas kepada keyakinannya

Orang yang percaya diri percaya kepada pendapatnya sendiri, tapi tentu bukannya tanpa mendengarkan orang lain. Pelatih kepercayaan diri Susie Moore menjelaskan melalui blog di Huffington Post bahwa orang percaya diri mendengarkan pendapat dari segala pihak, tapi, pada akhirnya, mereka tegas kepada apa yang mereka rasa sebagai yang terbaik.
Katanya, “Orang lain bermaksud baik dan terkadang salah juga. Orang percaya diri mendengarkan orang lain tapi tidak membiarkan perbedaan cara pandang mereka menggoyahkannya.”

7. Mereka tidak takut kepada kegagalan

Semua orang pernah kecewa. Percaya diri bukanlah berarti melakukan segala sesuatu dengan benar, tapi tetap tegar walaupun pernah salah. Terkadang hal itu menghasilkan lebih dari sekadar rasa percaya diri: penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlihat percaya diri adalah orang yang terlihat lebih cerdas.

8. Mereka tidak takut menjadi percaya diri

Orang yang percaya diri tidak enggan membuktikan dirinya, entah karena mereka memang merasa nyaman atau berpura-pura hingga akhirnya mereka berhasil.

Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Membangun Rasa Percaya Diri?

1.Cobalah untuk selalu berfikir fositif dalam setiap situasi yang di hadapi karna dengan berprasangka baik terhadap nasib kita itu adalah salah satu kunci sukses dalam menjalani hidup.

2.Identifikasi apa yang membuat Anda selalu berfikir negative yang pada akhirnya Anda tidak percaya diri misalnya ketika Anda tidak percaya diri dalam masalah fisik cobalah Tanya pada diri sendiri apa kelebihan Anda dan kelebihan Anda inilah yang akan menjadi senjata utama dalam meningkatkan percaya diri Anda.Yakinkan pada diri Anda kalo Anda memiliki sesuatu yang tidak di miliki orang lain berfikirlah seperti ini mereka boleh ganteng tapi saya punya kelebihan yang tidak mereka miliki dan orang ganteng belum tentu bernasib lebih baik dari orang jelek”.

3.Jangan selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain ingat setiap orang terlahir dengan keunikan tersendiri.Jangan biarakan waktu Anda terbuang Cuma-Cuma dengan terus membadingkan diri Anda dengan orang lain berfikirlah seperti ini “Orang lain punya kelebihan dan sayapun punya,orang lain punya kekurangan dan sayapun punya” .Seperti selalu yang di katakana oleh mas Tukul “Rubahlah kekuranganmu sebagai kelebihanmu” .

4.Jauhilah orang-orang yang hanya akan membuat Anda tidak percaya diri.Jika anda berteman dengan orang-orang yang selalu berfikir negative,jika teman Anda selalu menertawakan Anda ketika  berniat melakukan sesuatu yang baik dengan berkata “ tidak mungkin” atau “ mustahil” maka jauhilah orang-orang seperti itu.

5.Habiskan waktu Anda dengan aktivitas-aktiitas yang Anda sukai jangan biarkan waktu Anda terbuang dengan percuma ingat terlalu banyak waktu terbuang itu akan membuat Anda sering berfikir negative.

6.Sering membantu orang lain ketika timbul rasa senang  dalam hati Anda ketika membantu orang lain maka dengan sendirinya percaya diri itu akan timbul dalam diri Anda.

Jangan habiskan waktu Anda dengan sia-sia karna terlalu banyak waktu yang terbuang hanya akan memberi kesempatan pikiran negative mengampiri Anda.Dan berprasangka baiklah pada nasib Anda agar hidup Anda lebih tenang.Rasa percaya diri akan timbul dengan sendirinya kalo Anda punya tekad dan kemauan untuk Anda berubah.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar