hitshat

Rabu, 25 Oktober 2017

Gaji bulanan cepat habis? Pelajari Kunci sukses mengatur keuangan ala Ibu Rumah Tangga jepang dan indonesia ini






Prihal gaji bulanan,banyak ibu rumah tangga kadang ke teteran  karna salah dalam mengelola ke uangan keluarga.Imbasnya apa ? ketika akhir bulan,banyak Ibu rumah tangga yang akhirnya terpaksa mengirit pengeluaran, karna takut kehabisan uang sebelum gaji bulan depan keluar.Semakin tingginya beban hidup yang di rasakan masyarakat,para ibu rumah tangga seharusnya bisa berhemat dengan tidak memakai uang gaji untuk hal-hal yang tidak penting utamakanlah terlebih dahulu kebutuhan pokok ke mudian baru ke butuhan yang lainnya.

Lalu apa yang salah dalam mengelola ke uangan para ibu rumah tangga tersebut?

Membelanjakan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan contohnya membeli handpone model terbaru padahal handpone lama masih bagus,membeli sepatu,tas dan lain-lain padahal sepatu atau tas yang sebelumya masih baru dan masih banyak yang lainnya.Kalo gaji bulanan suami besar tentunya boleh-boleh saja membelanjakan semua itu tapi kalo gaji suaminya kecil ?.Tentunya harus berhemat bukan.

Kadang para ibu rumah tangga tidak memikirkan apa yang bisa terjadi di masa depan mereka tidak memiliki renacana jangka panjang.Padahal untuk meminimalisir hal-hal yang bisa saja terjadi di masa depan para ibu rumah tangga seharusnya sudah memiliki rencana jangka panjang.Misal,jika suami terkena PHK , ada anggota keluarga yang terkena penyakit yang cukup parah yang membutuhkan biaya cukup banyak atau yang lebih parah lagi jika suami meninggal dunia.Oleh karna itu,supaya ibu tidak terlalu terbebani nantinya mulai sekarang ,ayo buat rencana jangka panjang untuk kebaikan keluarga.


Agar keuangan keluarga tetap stabil dan tentunya bisa terkontrol dengan baik seharusnya para ibu rumah tangga sudah membuat anggaran rumah tangga.Tapi pada kenyataanya banyak sekali para istri yang justru mengabaikannya. Kebanyakan mereka menyatukan seluruh pendapatan suaminya pada satu wadah yang sama, yang akhirnya keuangan menjadi tidak terkontrol.Karna kadang-kadang di gunakan untuk hal-hal yang kurang penting, dan pada saat membutuhkan dana ternyata uangnya sudah terpakai.Misal,seperti dana untuk sekolah anak,untuk biaya berobat dan lain sebagainya.Coba kalo misalnya para ibu rumah tangga sudah membuat anggaran masing-masing .Seperti, anggaran buat pendidikan anak,anggaran untuk hal yang tidak terduga,untuk investasi dan lain –lain.

Tips hemat mengelola gaji bulanan ala ibu rumah tangga jepang dan indonnesia.bandingkan yah

Tips Mengelola gaji bulanan ala Ibu Rumah Tangga Jepang

·       Ibu Rumah tangga di jepang ketika gaji bulanan keluar biasanya mereka akan menariknya secara tunai.Tujuannya untuk apa ? ketka gaji bulanan sudah di Tarik, mereka kemudian akan mengelompokannya kedalam beberapa pos ke uangan seperti,untuk kebutuhan sehari-hari ,untuk biaya sekolah,untuk sewa kontrakan rumah jika masih mengontrak ,untuk tabungan dan lain sebagainya.Kenapa harus seperti itu? Karna uang yang ada di rekening sulit di control dan di lacak pengeluarannya secara debit. Selain itu, saldo minimal juga seringkali membuat perhitungan anggaran jadi kurang akurat.

  • Ibu Rumah tangga di jepang selalu membuat daftar belanjaan secara terperinci agar bisa mengontrol pengeluaran pada saat berbelanja dan untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak di perlukan.Untuk poin yang ini, kayanya bunda harus tahan godaanyah.
  • Ibu Rumah tangga di jepang biasanya selalu survey harga terlebih dahulu ketika akan berbelanja.Dengan membandingkan setiap harga prodak yang akan di beli di harapkan bisa menghemat beberapa persen anggaran belanja yang sudah di sediakan.
  • Tahukah bunda,para ibu rumah tangga di jepang mereka sangat berhemat dalam menggunakan uang mereka. Buktinya, mereka menyimpan uang coin hasil kembalian, biasanya mereka memasukannya ke dalam celengan, untuk bisa di gunakan pada saat di perlukan nanti.
  • Untuk menambah pemasukan ,Ibu Rumah tangga di jepang biasanya mereka tidak sungkan untuk menjual barang-barang koleksi mereka yang sudah tidak terpakai seperti sepatu,baju,tas dan lain-lain.

Tips Mengelola keuangan ala Ibu Rumah Tangga di Indonesia

  • Kalo di Indonesia, biasanya ketika suami gajian, para Ibu Rumahtangga terutama mereka yang tinggal di kampung-kampung mereka pasti menggunakan uangnya untuk membeli perhiasan. Dan ketika mereka membutuhkan uang ,mereka akan menjual perhiasan tersebut untuk di jual kembali.
  • Salah satu cara mengelola keuangan yang sering di lakukan oleh Ibu rumahtangga di Indonesia adalah dengan membuka warung kecil-kecilan, seperti warung sembako,toko pulsa,usaha bikin makanan ringan dan lain-lain.
  • Bagi yang punya kartu kredit biasanya mereka akan mengurangi pemakaian  kartu kredit dengan cara memakai kartu kredit hanya untuk keperluan tertentu dan membayar tagihan kartu kredit sebelum limit waktu pembayaran.
  • Memanpaatkan kupon diskon  untuk membli barang –barang tertentu  untuk menghemat pengeluaran. Itu juga salah satu cara ibu rumahtangga dalam menghemat pengeluaran .Tapi harus ingat, harus tetap mengotrol dalam berbelanja jangan sampai kebablasan.
  • Mengrurangi naik kendaran pribadi seperti naik sepeda motor atau mobil pribadi ketika berpergian ke tempat yang lebih dekat.Tujuannya untuk apa ? dengan mengurangi naik kendaran pribadi otomatis akan menghemat pengeluaran dalam membeli BBM.Tapi kalo tempatnya jauh boleh menggunakan kendaran pribadi.Kenapa? Karna kalo pakai kendaraan umum justru akan memperbanyak pengeluaran.
  • Dan terakhir adalah dengan mengatur anggaran pengeluaran keuangan contohnya seperti anggaran untuk belanja sehari –hari ,untuk bayar tagihan listrik,untuk transportasi,untuk uang jajan anak,untuk bayar uang sekolah anak dan lain-lain.

Demikianlah Tips mengelola keungan ala ibu rumahtangga jepang dan Indonesia yang saya kutif dari beberapa sumber dan atas pengalaman pribadi ibu sayah.Semakin tingginya beban hidup para ibu rumah tangga harus semakin pintar dalam mengelola keuangan jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share.



2 komentar:

  1. Halo semua,
    Nama saya nur syarah, saya dari kota Bogor di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua yang berbeda perempuan di Filipina, saya berharap saya akan bertemu orang yang tepat, tetapi saya tidak.

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Nyonya Margaret pedro, CEO perusahaan pinjaman Margaret, dan saya mengajukan permohonan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat bahagia karena saya diselamatkan dari kemiskinan.

    jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Nyonya Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, hubungi ibu Margaret hari ini saya jamin, Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan. Semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus