hitshat

Minggu, 21 Mei 2017

5 Cara efektif Mengelola|menghilangkan Stres pikiran dengan mudah

5 Cara efektif Mengelola Strees pikiran dengan mudah



Stres dalam tahap yang wajar dikatakan ahli bukan sesuatu yang buruk karena dapat menjadi stimulus saat menghadapi masalah. Dengan stres kita bisa belajar dan tumbuh sebagai pribadi yang lebih kuat.Untuk menghilagkan stres pikiran memang tidak mudah yang harus di lakukan adalah membiasakan diri dengan stres tersebut dan belajar untuk mengendalikan stres tersebut.

Lalu, apakah ada cara yang efektif untuk mengelola strees?

1.Cari penyebab stres yang Anda alami

Ketika Anda mengalami stress yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab stress itu sendiri.Penulis buku 'The Upside of Stress: Why Stress Is Good for You and How to Get Good At It' Kelly McGonigal mengatakan ada empat cara dalam mengelola stres seperti dikutip dari CNN, Kamis (3/11/2016).

Buat kata kunci motivasi
Fokus pada manfaat
berolahraga
Mendengarkan lagu
 
Yu kita bahas satu persatu
 
a.Buat kata kunci motivasi
 
Kelly McGonigal dalam penelitiannya menyebutkan bahwa ketika seseorang sudah tidak bisa mengendalikan rasa stresnya adalah dengan cara merubah cara pandang anda dengan cara mencari kata –kata yang bisa di jadikan sebagai kata kunci sebagai motivasi.
 
Sebuah studi pada tahun 2012 mengungkap bahwa ketika partisipan menganggap stres sebagai sesuatu yang buruk maka ketika dihadapkan pada situasi sulit hormon stres kortisolnya memang naik. Sementara itu bila partisipan menganggap stres sebagai tantangan yang harus dihadapi, otak melepas lebih banyak hormon stres dehydroepiandrosterone (DHEA) yang bisa membantu meredakan kecemasan.
 
Cotontohnya seperti ini
 
“Saya harus bisa dan saya pasti bisa” , “Setiap orang punya masalah dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya” dll
 
b.Ambilah hikmah dari masalah tersebut
 
Ketika seseorang menghadapi stres, yang harus di lakukan adalah berpikir positif,cobalah untuk terus berpikir positif bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.Sebuah masalah kalo Anda hadapi dengan pikiran positif pasti ada manfaatnya Anda bisa ambil pelajaran dari setiap masalah yang Anda hadapi.
 
Kalo Anda  sudah bisa mengendalikan stres yang anda hadapi, berikut-berikutnya masalah apapun pasti bisa di selesaikan dengan baik."Kedepan Anda bisa menghadapi situasi hidup yang lebih sulit lagi karena sudah belajar dari pengalaman sebelumnya," kata Kelly.
 
c.Berolah Raga
 
Ketika seseorang berolahraga maka tubuhnya akan memproduksi hormon bahagia endorfin yang bisa jadi lawan hormon stres kortisol ketika sudah sulit untuk dikendalikan.Manfaat olah raga bukan hanya untuk menyehatkan badan tapi juga bisa menenangkan pikiran Anda.
 
Mulailah berolaraga dengan teratur,dapatkan tubuh yang kuat dan pikiran yang sehat.Studi yang dilakukan oleh peneliti di Hope College menunjukkan setelah dua menit partisipan memikirkan manfaat positif dari sebuah pengalaman sulit, mereka bisa jadi lebih merasa memiliki kendali terhadap hidupnya dan bahagia.
 
d.Mendengarkan lagu
 
Pikiran yang penat oleh pekerjaan yang menumpuk bisa Anda hilangkan dengan cara mendengarkan lagu kesayangan Anda."Pada saat Anda merasa kewalahan dengan stres, putar salah satu lagu tersebut. Riset membuktikkan bahwa musik dapat menggeser fisiologi respons stres Anda dan meningkatkan kepercayaan diri," kata Kelly.
 
Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik,santai sejenak dan cobalah untuk melupakan masalah Anda.
 
2.Hilangkan Rasa stres dengan pasangan
 
Stres kalo kita hadapi dengan baik pasti  hasilnya pun akan baik,jika Anda sudah memiliki pasangan cobalah untuk luangkan waktu sejenak dengan pasangan Anda, bangun keintiman dengan pasangan siapa tau beban  masalah Anda sedikit berkurang. Lalu bagaimana cara menghilangkan stres bersama pasangan
 
Ada bebarapa cara yang bisa anda lakukan untuk melepaskan penat dengan pasangan,di antaranya:
 
a.Jalan –jalan bersama pasangan Anda
 
Jika seharian Anda di sibukan dengan masalah pekerjaan cobalah luangkan waktu Anda dan pasangan  dengan cara berlibur bersama atau  ajakalah pasangan Anda jalan –jalan ke Mall ,makan bersama di Restoran,atau hanya sekedar nonton di bioskop.
 
b.Bercinta dengan pasangan bisa membuat Anda dan pasangan lebih harmonis
 
Atur waktu dengan pasangan Anda untuk melakukan hubungan suami istri Seorang peneliti dari Skotlandia menyebutkan bahwa kegiatan bercinta mampu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi rasa cemas dalam tubuh. Penelitian yang melibatkan 24 wanita dan 22 pria ini melaporkan bahwa orang-orang yang rutin bercinta jauh lebih santai saat menghadapi tekanan.
 
c.Berolahraga bersama
 
Melakukan olahraga bersama bukan hanya terlihat lebih romantis tapi juga bisa membuat hubungan Anda lebih erat.Manfaat olahraga adalah bisa membuat pikiran Anda dan pasangan lebih positif. Sebuah study menyatakan,Orang yang kerjaanya hanya tidur-tiduran lebih berisiko tinggi terkena stress dibandingkan dengan orang yang rajin berolahraga.
 
d.Mandi bersama
 
Ciptakan suasana mandi yang seksi dan romantis, sediakan minyak aromaterapi sebagai obat penghilang stres. Sebuah studi menunjukkan bahwa aroma lavender dan eucalyptus bisa menenangkan pikiran, tubuh dan jiwa.
 
3. Beradaptasi dengan penyebab stres itu sendiri
 
Jika Anda sudah tidak bisa menghindari stres tresebut jalan yang terbaik adalah dengan menerima keadaan stres tersebut.Cobalah menerima faktor penyebab yang membuat Anda stres dan percayalah setiap masalah pasti ada hikmah yang bisa membuat Anda bisa menjadi lebih baik.
 
4.Hilangkan stres dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat
 
Dari pada Anda bengong di rumah dan terus memikirkan masalah yang sedang Anda hadapi lebih baik Anda pergi ke luar carilah aktivitas yang bermanfaat seperti bermain sepakbola,bermain futsal,bermain basket,bermain musik,dll.
 
Stres itu ada yang bisa kita hindari ada yang tidak,oleh karna itu hindari stres yang tak penting kalo Anda bisa mengindari penyebab stres tersebut cobalah hindari tapi kalo Anda tidak bisa cobalah untuk kedalikan pikiran Anda dari penyebab stres tresebut.
 
5.Yang terakhir adalah cobalah untuk mensyukuri  hidup Anda
 
Melakukan aktivitas keseharian yang sama secara terus menerus akan membuat Anda rentan akan stres oleh karna itu cobalah untuk melakukan sesuatu yang baru,cobalah untuk melakukan aktivitas yang baru.Dan yang paling penting adalah kita harus mensyukuri setiap detik hidup kita setiap menit nafas kita,Ketika Tuhan memberikan suatu masalah percayalah Tuhan menginginkan hidup Anda lebih baik.
 
Demikianlah cara megelola stres pikiran dengan mudah semoga Anda semua bisa menjadi pribadi yang tangguh yang bisa mengelola stres secara baik.Jika tingkat stres Anda termasuk parah cobalah konsultasikan dengan pisikolog secepat munkin jangan biarkan masalah Anda berlarut larut.

0 komentar:

Posting Komentar