hitshat

Rabu, 31 Mei 2017

Ini Manfaat Puasa secara ilmiah Untuk Kesehatan Mental,fisik dan spiritual







Ini Manfaat Puasa secara ilmiah Untuk Kesehatan Mental,fisik dan spiritual




Menurut hasil penelitian dari National Institute of Aging, Amerika Serikat,Puasa ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Bahkan dengan berpuasa bisa mengatasi masalah mental seperti Parkinson dan Alzheimer. Menjalankan puasa selama satu atau dua hari  setiap minggu mampu membantu kita untuk meningkatkan kesehatan otak, sehingga dengan begitu kinerjanya akan semakin membaik.

Selain perintah Agama,puasa bisa kita jadikan sarana untuk melatih kesabaran.Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa puasa membawa banyak manfaat untuk tubuh kita  tidak hanya secara fisik saja melainkankan juga bermanfaat untuk kesehatan mental serta emosional seseorang.Pada saat kita lapar tubuh secara otomatis akan mengeluarkan zat kimia yang akan melindungi otak serta meningkatkan suasana hati menjadi lebih damai.

Kenapa Puasa bisa membuat suasana hati menjadi damai.?Karna pada saat puasa tubuh kita akan mengeluarkaan zat endrofin dan zat inilah yang membuat kita lebih bahagia ,Puasa yang di lakukan secara berturut –turut juga bisa menghilangkan depresi dan kecemasan.

Ini Manfaat Puasa secara ilmiah Untuk Kesehatan Mental,fisik dan spiritual

Ibadah puasa yang di kerjakan dengan penuh keiklasan akan membuat perasaan kita lebih bahagia.Kenapa bisa begitu.?Saat berpuasa Tubuh kita akan mengeluarkan zat kimia yang akan melindungi otak sehingga akan membuat suasana hati lebih damai dan tenang. Berpuasa pun telah diteliti mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal konsentrasi, membuat tidur menjadi lebih tenang serta meringankan kecemasan.

Manfaat lain menjalankan puasa 

Selain bagus untuk kesehatan mental, puasa ternyata bagus untuk program Diet untuk tubuh Anda.Untuk Anda yang sedang melaksanakan diet tentunya ini bagus selain Anda dapat pahala Anda juga bisa menyukseskan program Diet  yang sedang Anda lakukan.Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa jika kita rutin melakukan puasa minimal satu atau dua kali dalam satu minggu mampu menurunkan berat badan lebih baik di bandingakan melakukan Diet berkelanjutan.

Menjalankan puasa di bulan Ramadhan bisa kita jadikan momentum untuk kita merubah kebiasaan buruk yang kita lakukan dan belajar untuk menata hidup kita agar menjadi lebih baik.Jika kita melakukan puasa dengan benar dan penuh keiklasan Insya Allah kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik setelahnya.

Namun sebaliknya jika kita melaksanakan puasa dengan rasa terpaksa bukan ketenangan yang akan kita dapatkan melainkan rasa beban. Banyak di antara kita yang melakukan kesalahan saat berpuasa biasanya kita memindahkan kebiasaan makan kita dari siang hari ke malam hari dan itu justru berdampak buruk terhadap kesehatan kita.

Puasa merupakan sarana yang bisa dilakukan untuk mendetoksifikasi jiwa, karena ketika melaksanakan puasa maka seseorang akan memiliki keinginan yang kuat untuk mengendalikan dirinya sendiri. Itulah sebabnya orang yang puasanya benar akan terliat lebih sabar dan lebih tenang.

Inilah Manfaat Puasa secara ilmiah Untuk Kesehatan Mental,fisik dan spiritual



Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Mental

Berdasarkan beberapa sumber,Orang yang berpuasa  mengalami peningkatan konsentrasi, kecemasannya berkurang sehingga merekapun dapat tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan lebih segar.Ketika kita berpuasa suatu kewajaran jika emosi kita  meningkat selama puasa karna tubuh dan emosional kita sedang beradaptasi dengan suasana berpuasa.
Manfaat puasa untuk kesehatan fisik

Puasa Yang kita lakukan dapat menyehatkan pencernaan, mengatasi masalah peradangan, mengurangi kadar gula darah, mengurangi hipertensi, membantu menjaga berat badan, meningkatkan kebiasaan diet yang sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, selain manfaat utamanya yaitu detoksifikasi.
Inilah beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan saat kita berpuasa.
·       Alergi
·       arthritis,
·       semua jenis kondisi kulit
·       penyakit jantung
·       asma
·       Gangguan Pencernaan

Manfaat Puasa Untuk Spiritual

Saat kita melaksanakan puasa dengan penuh keiklasan dampaknya sangat besar buat diri kita, kita akan menjadi pribadi yang selalu berfikir positif ,sabar dan tenang dalam menghadapi masalah.
Secara spiritual kita menjadi lebih dekat dengan Allah,karna tujuan utama berpuasa adalah untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. . Dengan berpuasa jiwa kita juga dibersihkan dari berbagai sifat buruk dan dilatih  untuk menanamkan kebaikan dalam jiwa, seperti kesabaran, keikhlasan, rasa syukur, tawadhu, tawakal dan sifat baik lainnya di saat kita berpuasa.
Daftar para Ahli yang melakukan penelitian mengenai puasa

Doktor Nicolayev

Doktor Nicolayef dalam eksperimennya Nicolayef membagi subyek menjadi dua kelompok yang sama besar, baik usia maupun berat ringannya gangguan. Kelompok pertama diberi terapi atau pengobatan dengan menggunakan obat-obatan medis. Sementara kelompok ke II diperintahkan untuk berpuasa selama 30 hari. Dua kelompok tadi diikuti perkembangan fisik dan mentalnya dengan tes-tes psikologi.
Dalam penelitian tersebut ternyata hasilnya mengejutkan banyak pasien-pasien yang tidak bisa disembuhkan dengan terapi medik ternyata bisa sembuh dengan berpuasa. Doktor Nicolayev adalah seorang Guru besar yang  bekerja pada lembaga psikiatri Moskow mencoba menyembuhkan gangguan jiwa dengan berpuasa. Dalam usahanya itu ia melakukan terapi terhadap pasiennya dengan menggunakan 30 hari

Prof. Dr. Dadang Hawari

Prof. Dr. Dadang Hawari, guru besar psikitari UI Jakarta dalam penelitiannya juga menemukan bahwa gangguan-gangguan jiwa non psikosis (seperti fobia, obsesif kompulasi, panic disorder) dapat disembuhkan dengan terapi puasa, baik puasa ramadhan maupun puasa sunat.

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta menemukan fakta bahwa puasa dapat meningkatkan kepekaan sosial sehingga dengan kepekaan itu individu manjadi mudah memberi pertolongan.Ketika kita sedang berpuasa diri kita akan mudah tergerak hatinya untuk melakukan kebaikan.

Kesimpulannya, saat kita berpusa dengan baik dan benar sesuai dengan perintah Agama kita akan mendapatkan banyak manfaat di antaranya membuat pikiran tenang, mengatasi kecemasan, mengubah pola pikir menjadi positif,Menyembuhkan berbagai penyakit dll.

Bagiakan Artikel ini

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar