hitshat

Kamis, 22 Juni 2017

6 Tips bijak mengelola uang THR dan cara pembagiannya



6 Tips bijak mengelola uang THR dan cara pembagiannya



Sebentar lagi lebaran,pasti sudah banyak rencana dong untuk mengisi hari lebaran.Untuk Anda yang berencana mudik tentunya banyak yang harus di persiapkan mulai dari fisik sampai dengan mempersiapkan oleh-oleh yang akan di bagikan nantinya.

Jika Anda hanya mengandalkan tabungan tentunya itu menjadi tidak efisien,karna tabungan Anda pasti akan terkuras.Untungnya di hari lebaran ini ada yang namanya uang THR dan Anda bisa menggunakan uang THR tersebut untuk keperluan di hari lebaran nanti,namun Anda juga harus bijak dalam menggunakan uang THR.

Uang THR merupakan Rizki yang paling di tunggu-tunggu oleh para karyawan, karna dengan adanya uang THR pemasukan dari karyawan menjadi dua kali lipat apalagi selama bulan puasa  pengeluaran pasti juga bertambah. Adanya Uang THR ini merupakan kesempatan bagi karyawan untuk dapat memenuhi kebutuhannya yang relatif lebih besar menjelang hari raya nanti.

Bukan berarti dengan bertambahnya pemasukan, Anda bisa menggunakannya dengan seenak hati.Kelolalah uang THR secara bijak karna bagaimanapun uang THR ini tidak bisa Anda dapatkan tiap bulan Anda harus memprioritaskan mana yang harus di utamakan mana yang tidak.Ketika ada uang lebih jangan berfikir bagaimana cara menghabiskannya tapi berfikirlah bagimana uang tersebut bisa bermanfaat atau kalo bisa uang tersebut bisa berlipat ganda.

Sebaiknya Anda belajar untuk bisa mengelola Uang yang Anda punya dengan bijak, termasuk uang THR.Jika uang THR tersebut Anda gunakan untuk keperluan yang bermanfaat, termasuk menggunakannya untuk investasi dan tentunya Anda akan merasakan manfaatnya di kemudian hari dan berikut ini adalah kiat mengelola THR dengan cukup maksimal:

6 Tips bijak mengelola uang THR dan cara pembagiannya


1.Jangan gunakan uang THR untuk kebutuhan konsumtif

Inilah kesalahan kita,kadang kita gunakan uang THR yang kita dapatkan satu tahun sekali di gunakan untuk keperluan yang kurang bermanfaat.Jika kebutuhan sehari -hari Anda masih dapat terpenuhi dari gaji  maka jangan gunakan uang THR dan usahakan untuk membeli keperluan lebaran diambil dari gaji  pendapatan Anda. Menyimpan uang THR Anda sebagai dana tambahan investasi merupakan hal bijak dalam mengelola uang THR agar lebih bermanfaat. 

Ingat, kita juga harus bisa mengendalikan diri dalam mengelola keuangan jangan mentang-mentang punya uang lebih Anda terlalu berlebihan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi selama Ramadhan pengeluaran bertambah besar.Oleh karna itu, ketika dapat uang THR manfaatkanlah uang THR untuk keperluan yang lebih penting contohnya jika Anda punya hutang gunakanlah uang THR terlebih dahulu untuk membayar Hutang atau gunakanlah uang THR untuk ongkos pulang pergi.

6 Tips bijak mengelola uang THR dan cara pembagiannya

2.Gunakan uang THR untuk investasi

Jika uang THR habis begitu saja tanpa ada sisa tentunya Anda sedang mengalami kerugian.Kenapa?Coba Anda pikir,uang THR ini hanya di dapat satu tahun sekali,jika Anda habiskan untuk sesuatu yang tidak berguna tentunya tidak ada manfaatnya sama sekali untuk Anda.Jadi,mulai hari ini belajarlah untuk mengelola uang Anda, mulailah berfikir untuk masa depan dengan cara  menabung dan berinvestasi.

Jangan gunakan uang THR  hanya untuk membeli HP merek terbaru apalagi tujuannya hanya untuk pamer.Coba Anda fikirkan jika uang THR di gunakan untuk menabung atau berinvestasi tentunya Anda akan merasakan manfaatnya Tiga atau lima tahun lagi.Tidak perlu semuanya di tabung cukup sisihkan minimal 40 % sajah.

Contoh investasi yang bisa Anda coba seperti:Investasi Reksadana

6 Tips bijak mengelola uang THR dan cara pembagiannya

3.Sisihkan uang THR untuk kembali ke tempat kerja

Ketika sampai ke kampung halaman tentunya banyak sekali biaya yang harus di keluarkan, mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari,ngasih uang ke sodara-sodara,jalan-jalan dll.Oleh karna itu Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan,yang paling utama adalah sisihkan sebagian uang THR untuk membeli tiket atau untuk ongkos kembali ke tempat kerja.

Dan kalo misalnya Anda terpaksa mengambil uang dari tabungan,kalo bisa jangan sampai terpakai terlalu banyak.Ketika sudah kembali ke tempat kerja tentu saja Anda juga harus memikirkan biaya sehari-hari untuk satu bulan kedepan.


4.Sisihkan uang THR untuk berbagi dan berzakat

Supaya rizki yang Anda dapatkan medapat keberkahan apa salahnya jika Anda menyisihkan sebagian uang THR untuk berbagi dan membayar Zakat. Mengelola uang THR dengan membayarkan zakatnya selain membersihkan harta kita juga membuat harta kita semakin berkah dan bertambah.


5.Sisihkan uang THR untuk Rekreasi keluarga

Setelah hampir satu tahun berada di perantauan,apa salahnya jika Anda ajak orang tua,Adik,kaka atau yang lainnya jalan-jalan ke tempat wisata untuk menikmati suasana lebaran.Selain bisa menghilangkan penat setelah lama bekerja jalan-jalan juga bisa meningkatkan rasa persaudaraan dengan keluarga.

Tapi Anda harus ingat,setelah Anda kembali ke tempat bekerja Anda juga harus memikirkan untuk biaya Anda di perantuan selama satu bulan,apa lagi jika isi tabungan Anda sedikit atau jika gaji yang Anda terima tidak besar.Mengajak  jalan-jalan saudara memang baik tapi Anda juga tidak boleh boros jangan sampai besar pasak dari pada tiang jangan sampai Anda bisa jalan-jalan tapi untuk ongkos kembali ke tempat bekerja Anda sampai berhutang.


6.Gunakan uang THR untuk bayar hutang atau dana darurat 

Jika Anda punya kewajiban untuk membayar hutang, sebaiknya gunakanlah uang THR untuk melunasi hutang Anda jangan sampai Anda punya HP baru tapi hutang belum di bayar.Atau sisihkan sebagian uang THR untuk keperluan yang tidak terduga seperti, ada keluarga yang sakit atau ada saudara yang membutuhkan pertolongan kita.Hutang yang berlarut-larut hanya akan menambah beban pengeluaran Anda jika selama ini Anda sedang menyicil  hutang Anda menggunakan gaji bulanan Anda dengan adanya THR Anda bisa melunasi hutang Anda dengan menggunakan uang THR.

Banyak sekali di antara kita yang tidak bisa memanfaatkan uang THR dengan baik apalagi bagi mereka yang masih muda atau yang baru merasakan bekerja dan punya uang sendiri.Mereka cenderung hanya menuruti ego mereka bahkan ada di antara kita yang menggunakan uang THR hanya untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu di butuhkan dengan tujuan untuk memamerkannya ketika berada di kampong.

Uang THR sebenarnya sangat berguna sekali jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik sisihkanlah uang THR minimal 10% untuk di tabung atau untuk investasi yang manfaatnya mungkin bisa Anda dapatkan di masa depan dan itu lebih baik dari pada uang THR habis tanpa sisa.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar