hitshat

Sabtu, 03 Juni 2017

7 Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja & interview kerja



7 Kesalahan dalam  menulis surat lamaran kerja & interview kerja



Ketika Anda membuat surat lamaran, sudahkah Anda memperhatikan apakah surat lamaran yang Anda buat sudah benar atau tidak.Kadang Anda tidak menyadari kalo ternyata surat lamaran yang Anda buat ternyata salah,kesalahan dalam membuat surat lamaran bisa berakibat gagalnya Anda mendapat pekerjaan.

Ada beberapa paktor yang menyebabkan Anda gagal dalam mendapatkan pekerjaan di antaranya,kesalahan dalam membuat surat lamaran,kesalahan dalam wawancara kerja,dll oleh karna itu artikel ini akan membahas kesalahan apa saja yang Anda lakukan ketika membuat surat lamaran kerja atau dalam menghadapi wawancara kerja.

7Kesalahan Besar Saat Membuat Surat Lamaran Kerja 

1.Kesalahan umum saat membuat surat lamaran adalah Anda hanya menuliskan seperti ini “Kepada Yth Kepala HRD PT.XXX” tanpa Anda menyebutkan nama dari kepala HRD tersebut. Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu Anda bisa cari lewat media social,bisa tanyakan kepada teman atau saudara yang sudah bekerja di sana atau usaha terakhir Anda bisa tanyakan langsung ke perusahaan yang bersangkutan.Ingat usaha Anda akan sangat di hargai dari pada hanya sekedar Kepala HRD PT XX.

2.Dalam menulis surat lamaran sebaiknya cantumkan apa kelebihan Anda,apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan, jangan terlalu mengumbar janji jika Anda tidak bisa membuktikanya, berikan apa yang Anda bisa lakukan untuk perusahaan.

3.Saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya jangan terlalu bertele-tele,jangan terlalu panjang, karna biasanya mereka malas membacanya jika surat lamaran terlalu panjang Buat cover letter yang singkat, padat, dan jelas. Jangan sampai lebih dari satu halaman.Sebaiknya Anda lebih kreatif dalam menulis surat lamaran terutama di paragraf pertama buat kalimat yang unik yang bisa menarik perhatian HRD Perusahaan.

4.Ingat,dalam menulis surat lamaran kerja gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar,periksa lagi ejaannya jangan sampai salah tulis karna kalo itu sampai terjadi menunjukkan bahwa Anda tidak teliti dan tidak memberikan perhatian besar pada keinginanmu melamar pekerjaan tersebut. Untuk menghindari kesalahan ini, buatlah surat lamaran Anda dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  • Jenis huruf standar dan formal, yaitu Times New Roman, Arial, atau Trebuchet MS berukuran 11 atau 12 ppt
  • Jarak spasi 1 atau 1,5
  • Jenis kertas A4
  • Batas (margin) atas, kanan, bawah, dan kiri standar, yaitu 1 inci (2,54 cm)
5.Cover letter berguna untuk memperkenalkan dan mengantarkan resume ke perekrut yang sedang menyeleksi berkasmu. Jangan sia-siakan mereka dengan menulis apa yang sudah ada di resume pada surat lamaranmu. Lebih baik kamu membahas karaktermu dan apa yang telah kamu pelajari dari pengalaman-pengalamanmu bekerja atau berkegiatan sebelumnya.

6.Jangan curhat atau mengemis di dalam isi surat lamaran Anda karna itu akan mengurangi penilaian terhadap diri Anda lebih baik isi surat lamaran Anda dengan kelebihan Anda,prestasi Anda di perusahaan Anda sebelumnya Dll.Jangan lupa cek lagi cvnya jangan sampai berantakan Susun CV Anda dalam format yang fokus, sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Pengalaman pekerjaan Anda yang terlalu beragam mengindikasikan ketidak seriusan Anda dalam bekerja, hilangkan bagian bagian yang tidak relevan. Tetapi jika berhubungan dengan pengalaman berorganisasi ataupun keterampilan individu dapat Anda masukkan sebagai nilai tambah.


7.Tidak Mencantumkan Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Ini pengalaman pribadi saya,saya pernah melamar kerja tanpa saya tau posisi apa yang ingin saya lamar,akhirnya apa?saya tidak di terima di perusahaan tersebut.Kebanyakan para pelamar pemula banyak yang melakukan kesalahan ketika mengirirmkan surat lamaran,mereka cenderung asal lamar saja ketika ada lowongan pekerjaan.

Tulislah sejelas mungkin di surat lamaran kerja,tulis juga posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar di amplop bagian luar untuk memudahkan tim HRD melakukan identifikasi pada surat lamaran kerja yang kamu kirimkan.


60% Pelamar Kerja BOHONG saat INTERVIEW KERJA

7 Kesalahan dalam  menulis surat lamaran kerja & interview kerja

Kenapa bisa begitu?
Karna kebanyakan para pekerja tidak ingin pengalamannya di perusahaan sebelumnya di ketahui oleh perusahaan tempatnya melamar saat itu,terkadang seorang pelamar terpaksa berbohong ke pada pewawancara ketika pewawancara memberikan pertanyaan yang menjebak atau memberikan pertanyaan yang Anda tidak siap untuk menjawabnya.

Tahukah Anda?Menurut data,para pelamar terpaksa berbohong 67% berbohong tentang Paket Salary-ny, 61% berbohong tentang Kualifikasi nya saat interview kerja, 58% berbohong tentang Pengalaman Kerja-nya, 54% berbohong tentang Alasan-nya mau pindah kerja.

Deborah Dewi, seorang pakar grafologi mengungkapkan bahwa 60% pelamar kerja tidak merasa segan melakukan kebohongan saat wawancara kerja. Padahal asal Anda tahu, berbohong saat wawancara kerja dapat terlihat dengan jelas dari ekspresi wajah, mata, dan suara Anda.

Tanda yang Membuat HRD Tahu Anda Berbohong Saat Wawancara Kerja


1.Jika Anda Menyentuh Bagian Hidung Atau Mulut saat wawancara kerja, hati hati  bisa jadi si pewawancara megetahui kalo Anda sedang berbohong. Perlu diketahui bahwa mulut yang tegang serta bibir yang berkerut mampu menunjukkan tanda-tanda bahwa seseorang telah berbohong.


2.Jika mata Anda tidak pokus bisa jadi pewawancara akan mencurigai kalo Anda sedang berbohong,jangan terlalu banyak menggerakan mata atau terlalu banyak berkedip jika Anda tidak ingin di curigai oleh si pewawancara
  

3.Berbicara Terlalu Cepat Atau Lebih Lambat bisa di curigai kalo Anda sedang berbohong karna Seseorang yang sedang melakukan kebohongan biasanya tanpa sadar berbicara terlalu cepat atau lebih lambat dari biasanya.Jadi yang harus Anda lakukan ketika di wawancara adalah Anda harus tenang dan jangan panik


4.Tingkah laku selanjutnya yang bisa di curigai kalo Anda sedang berbohong adalah kalo Anda terlalu berbelit belit atau terlalu berlebihan dalam memberikan jawaban sementara jawaban yang Anda berikan selalu berulang-ulang memberikan jawaban yang sama.


5.Kalo Anda melakukan wawancara berdua dengan teman Anda,ketika Anda sedang berbohong tanpa sadar Anda sering menoleh atau melirik ke arah teman Anda.Jadi hindari sikap seperti itu.

Seperti dilansir CheatSheet.com, berikut cara-cara perusahaan mengetahui kesalahan atau kebohongan calon pegawainya.

Lewat Media Sosial

Jika Anda bisa mengakses media sosial di mana saja, begitu juga dengan perusahaan. Bahkan track record Anda bisa mereka ketahui. Terkadang calon pegawai tidak sadar menerima pertemanan dari calon perusahaannya. Dari sanalah kadang-kadang perusahaan mengetaui data diri Anda. Salah sedikit, resume Anda bisa dipertanyakaan.

Melihat Referensi

Semakin tinggi jabatan yang Anda inginkan, semakin tinggi jugalah standar yang ditentukan setiap perusahaan. Terkadang perusahaan akan meminta referensi dari perusahaan Anda sebelumnya. Oleh karena itu, janganlah membuat image yang buruk dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebab perusahaan baru Anda bisa mengetahuinya.

Uji Kelayakan

Kebanyakan dari pelamar membuat CV yang over atau berlebihan. Seperti menuliskan segala kemampuannya untuk menarik perhatian perusahaan. Hanya saja, lakukanlah dengan jujur. Jika Anda berbohong dengan memiliki suatu keahlian, misal mampu berbahasa Mandarin, Anda bisa di blacklist. Karena terkadang perusahaan akan mengetes pegawainya.

Salah Bicara

Wawancara merupakan salah satu tahap yang paling penting dalam proses lamaran kerja. Di sana akan berhadapan dengan pihak perusahaan bisa HRD ataupun calon manajer Anda. Dan ingatlah bahwa mereka bukanlah orang bekerja satu dua hari. Perusahaan memiliki kemampuan yang bisa membaca gerak-gerik serta ucapan Anda.

Kesimpulan

Ketika Anda melamar pekerjaan,yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan mental Anda,cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang ingin Anda lamar,kemudian buat surat lamaran yang baik,rafih dan bisa membuat pewawancara tertarik tehadap kemampuan Anda.Tidak kalah penting lagi jangan berbohong saat wawancara kerja karna pewawancara yang sudah berpengalaman akan mengetahui kebohongan Anda.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar