hitshat

Minggu, 18 Juni 2017

Miris,Tahun 2017 bisnis online belum banyak di kenal luas











Banyaknya pengguna internet ternyata tidak di barengi dengan pengetahuan tentang bisnis online.Para pengguna internet terutama di daerah-daerah masih banyak yang tidak pamilier dengan bisnis online,berdasarkan pengamatan Admin,bisnis online di anggap sesatu yang baru mereka ada yang tau tapi ada juga yang tidak tau sama sekali.

Susah nyari kerja? Ayo berbisnis online

Seperti yang Admin alami di sekitar tempat tinggal Admin, mereka masih mempertanyakan apakah bisnis online benar-benar bisa mengasilkan,apa benar internet bisa mengasilkan uang.Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka belum mempercayai kalo bisnis online bisa menjadi solusi ke uangan mereka.

Pertama:Faktor pengetahuan tentang bisnis online itu sendiri,banyak yang menganggap yang namanya kerja ya seperti kerja di kantor,pabrik atau pekerja bangunan.Mereka yang berdagang menganggap berdagang itu ya seperti buka warung,buka Toko,dagang bakso dll sedangkan kalo buka toko online mereka masih mempertanyakan gimana cara buka tokonya,gimana cara transsaksinya bahkan ada dari mereka yang masih binggung ga tau sama sekali.

Mereka yang pengetahuan tekhnologinya kurang masih berfikir seperti yang saya sebutkan di atas,padahal dalam membuat toko online kita ga perlu menjadi ahli dalam hal programmer banyak penyedia jasa pembuatan toko online yang bisa kita manfaatkan untuk membat toko online tentu saja dengan ada biaya yang harus di keluarkan.

Kalo mau gartis dalam membuat toko online kita bisa manfaatkan penyedia web/blog gartis seperti blogspot atau Wordpres dan untuk prodaknya bisa bekerjasama dengan menjadi Reseller atau Dropshiper.Para pengguna internet masih banyak yang berfikir bahwa internet hanya bisa di gunakan untuk browsing,mencari lowongan kerja,main media social dll.

Kedua:Banyaknya penipuan yang terjadi di internet itu salah satu faktor yang menyebabkan mereka berfikir bahwa bisnis online itu hanya penipuan kalo mau kerja ya kerja di orang tiap bulan dapat gaji.Ini yang saya alami,ketika saya mengutarakan ke orang tua niat saya untuk terjun ke bisnis online mereka malah mengagap saya aneh karna pilihan saya ga seperti anak pada umumnya karna banyak anak-anak di daerah saya dan sekitarnya ketika lulus sekolah mereka berbondong-bondong untuk melamar kerja di pabrik.

Bahkan bukan orang tua saja yang mengagap bisnis online itu tidak akan bisa menghasilkan,ketika saya bertanya ke teman-teman saya merekapun tidak tau tentang bisnis online terutama seperti negblog,affiliate marketing dll.

Ketiga: Faktor berikutnya adalah karna bisnis online prosesnya bisa di bilang lama dan aga ribet di bandingkan kalo bisnis offline.Coba bandingkan kalo kita buka toko offline begitu kita buka kita promosi dikit yakin paling sedikit satu atau dua orang pasti ada yang mampir atau bahkan ada yang beli prodak kita.

Coba kalo buka toko online begitu kita buka belum tentu dalam satu bulan kita ada yang beli walaupun kita sudah habis habisan dalam promosi. Memang sih, ada toko online hanya dalam waktu satu bulan sudah ada yang laku prodaknya tapi tentu saja semua itu tidak terjadi begitu saja perlu strategi promosi yang tepat dan efektif dan juga berani mengeluarkan biaya yang lebih untuk promosi.

Keselahan para pemula seperti saya adalah tidak tau tempat yang efektif untuk promosi,bagaiman cara promosi yang tepat dan efektif.Mereka promosi secara sembarangan seperti di facebook,Twitter yang akhirnya malah melakukan spam dan mengganggu orang lain.

Ketika bisnis yang mereka jalankan tidak mendapat hasil akhirnya mereka putus asa dan menganggap kalo bisnis online itu susah atau mereka menganggap kalo bisnis online itu tidak bisa menghasilkan.Karna susah inilah, akhirnya mereka enggan untuk menggeluti bisnis online atau hanya sekedar mencari informasi tentang bisnis online.

Padahal kalo kita serius untuk menggeluti bisnis online, bisnis online ini bisa jadi solusi untuk keuangan kita apalagi yang susah dalam mendapatkan pekerjaan.

Catatan
Isi dalam artikel ini berdasarkan pengalaman saya pribadi,yang saya alami di sekitar daerah tempat saya tinggal.Di setiap daerah pasti berbeda-beda pengetahuannya atau bahkan mungkin sama.

 Pengguna Internet di awal Tahun 2017 meningkat 51%







                                        (Sumber gambar: in.techradar.com, linkedin.com)


Berdasarkan data yang di himpun oleh Kemenkominfo di awal tahun 2017 ini, Menkominfo merilis data bahwa nilai transaksi online di Indonesia selama tahun 2016 mencapai angka US$ 4,89 miliar, atau setara dengan Rp. 68 triliun sedangkan pada tahun 2015 jumlah total transaksi sebesar US$ 3,56 miliar.

Sedangkan jumlah pembeli dari tahun ke tahun semakin meningkat Tahun 2015 sebesar 7,4 juta konsumen yang bertranssaksi di toko online sedangkan Tahun 2016 mencapai 8,7 juta konsumen yang bertransaksi di toko online dan di prediksi pada Tahun 2017 akan terjadi peningkatan dalam transsaksi di perkirakan mencapai angka 9,3 juta konsumen.

Lalu apa faktor yang menyababkan transsaksi online meningkat? Salah satu faktor yang menyebabkan Transsaksi online meningkat adalah karna para pengguna internet juga meningkat.

·       Tahun 2014 Jumlah pengguna mencapai 88,1 juta pengguna
·       Tahun 2015 Jumlah pengguna mencapai 93,4 juta pengguna internet
·       Tahun 2016 Jumlah pengguna mencapai 100,1 juta pengguna internet
·       Sebanyak 69% pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile, dan sisanya melalui desktop dan tablet.

Dari data di atas sudah menunjukan bahwa bisnis online terutama Toko online, merupakan lahan yang empuk untuk di manfaatkan dalam mencari penghasilan tambahan ataupun penghasilan yang utama.Yang perlu kita lakukan terutama para pemula adalah terus belajar dalam meningkatkan pengetahuan tentang bisnis online, jangan hanya diam diri tapi cepatlah ambil bagian dalam bisnis tersebut.

Jangan hanya menggunakan internet hanya untuk melakukan sesusatu yang kurang bermanfaat tapi cobalah cari tau apakah bisnis online bisa menghasilkan uang atau tidak.Banyak bisnis online yang bisa kita pelajari seperti Toko online,Dropshiper,Affiliate Marketing,blogger dan sebagainya.Selmat belajar
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar